Apa itu asuransi penyakit kritis?

Di AS, penyakit kritis didefinisikan sebagai: “suatu kondisi medis yang berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental seseorang, seperti serangan jantung, stroke, penyakit paru-paru, atau kanker.”

Asuransi penyakit kritis melindungi dari konsekuensi keuangan dari kondisi medis ini; itu juga membantu melindungi keluarga Anda dari keharusan berurusan dengan pengeluaran terkait. Risiko keuangan penyakit kritis cukup tinggi, jadi penting bagi Anda untuk memiliki perlindungan asuransi terbaik.

Berikut ini adalah gambaran singkat tentang apa yang ditanggung dan tidak ditanggung oleh asuransi penyakit kritis:

Apa yang dicakupnya?

• Semua biaya medis yang dikeluarkan sendiri untuk pengobatan penyakit akut (seperti operasi kanker) – termasuk rawat inap, obat-obatan, dan pembayaran bersama

• Biaya sendiri untuk perawatan darurat (termasuk kunjungan ke ruang gawat darurat) – termasuk biaya ambulans dan biaya lain yang terkait dengan perawatan darurat (seperti rawat inap di rumah sakit)

• Semua klaim yang dibuat oleh perusahaan asuransi kesehatan untuk perawatan yang ditanggung oleh penyakit kritis (termasuk manfaat obat resep) – termasuk pembayaran bersama (jika berlaku) dan pengurangan

Apa yang tidak tercakup?

• Prosedur medis dan bedah yang diperlukan untuk mengobati penyakit akut (seperti terapi radiasi atau kemoterapi), kecuali yang diperlukan untuk menghindari kematian akibat kondisi itu sendiri. Jumlah pertanggungan yang Anda miliki tergantung pada seberapa besar pengeluaran Anda melebihi yang dapat dikurangkan. Ini akan ditentukan oleh persyaratan pribadi Anda dengan perusahaan asuransi Anda. 

Bagaimana cara kerja asuransi penyakit kritis?

Banyak orang berada dalam posisi di mana mereka tidak mampu membayar tagihan rumah sakit mereka atau, lebih buruk lagi, harus membayarnya sendiri. Dalam kasus seperti itu, asuransi penyakit kritis adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa Anda dapat menjaga keluarga Anda tetap aman jika terjadi keadaan darurat.

Asuransi penyakit kritis tersedia dalam berbagai cara: sebagai polis yang berdiri sendiri (tidak memberikan pertanggungan tambahan) atau sebagai bagian dari polis asuransi kesehatan.

Asuransi penyakit kritis tidak selalu menjadi pilihan terbaik bagi semua orang. Mungkin lebih murah untuk membeli polis individu daripada membeli asuransi kesehatan untuk seluruh rumah tangga Anda, dan mungkin menghabiskan lebih banyak uang Anda dan meninggalkan lebih sedikit untuk hal-hal lain (seperti makanan dan perawatan medis). Tetapi ada baiknya bertanya apakah ini benar-benar yang Anda inginkan sebelum Anda memutuskan untuk membeli sesuatu seperti ini, atau apakah lebih baik Anda berencana membeli asuransi kesehatan saja. 

Apa saja manfaat dari asuransi penyakit kritis?

Jika Anda berencana memulai sebuah keluarga dan khawatir tentang kemungkinan pasangan atau anak Anda menjadi cacat karena penyakit kritis, Anda mungkin tertarik untuk membeli asuransi kesehatan untuk mereka. Banyak orang percaya bahwa memiliki asuransi untuk keluarga sama pentingnya dengan memiliki asuransi untuk diri mereka sendiri. Namun, banyak orang yang belum pernah mendengar tentang asuransi penyakit kritis.

Penyakit kritis dapat terjadi kapan saja; entah itu serangan jantung, stroke atau kanker, kecacatan bisa terjadi kapan saja. Dalam beberapa kasus, kecacatan ini bahkan dapat menyebabkan kematian; namun, sebagian besar penyakit kritis tidak mengancam jiwa dan tidak akan mengakibatkan kematian, tetapi masih ada kemungkinan masalah keuangan yang serius.

Ketika seseorang jatuh sakit dengan penyakit kritis, mereka mungkin memerlukan perawatan medis yang harganya lebih mahal daripada yang dapat dibayarkan oleh pertanggungan asuransi kesehatan mereka sendiri. Ini disebut utang medis – dan itu mahal! Beberapa cedera mungkin memerlukan pembedahan untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh penyakit dan/atau cedera (dan mungkin masalah lain) atau untuk memulihkan fungsi atau bahkan fungsi penunjang kehidupan tanpa harapan untuk sembuh (seperti ketika seseorang mengalami cedera tulang belakang). Ini berarti bahwa tanpa perlindungan asuransi kesehatan, akan ada implikasi keuangan yang serius jika mereka tidak mampu karena sakit atau cedera (yang juga dapat mencakup masalah lain seperti kecelakaan). Jadi bagaimana Anda dapat melindungi keluarga Anda dari jenis risiko keuangan pribadi ini?

Asuransi penyakit kritis menanggung biaya tak terduga berikut ini:

• Cedera karena kecelakaan: Semua jenis kecelakaan dapat terjadi – mulai dari tabrakan mobil (yang dapat mengakibatkan cedera fisik yang parah), jatuh dari ketinggian (kecelakaan yang melibatkan pesawat terbang) atau bahkan masuknya air ke dalam tubuh (seperti saat seseorang berenang). Jika Anda memiliki properti di dekat badan air, orang yang Anda cintai bisa berakhir terluka setelah tergelincir dari dermaga ke air dangkal dan tenggelam saat jatuh secara tidak sengaja dari properti itu.

• Tagihan medis: Tagihan medis/klaim disabilitas dapat datang dari mana saja – mulai dari kunjungan rutin ke kantor setiap hari hingga operasi besar yang membutuhkan banyak rumah sakit – yang berarti bahwa tanpa jaminan medis, mereka harus membayar sendiri semua biaya pengobatan yang mahal ini. Selama orang yang Anda cintai memiliki perlindungan asuransi kesehatan sebelum

Leave a Reply

Your email address will not be published.